Sunday 26 October 2014

Contoh Program Menyalakan LCD, Bahasa Assembly dengan Edsim51


Program ini akan menampilkan output dari seven segmen mulai angka 1 sampai huruf F
CATATAN: Logika 0 adalah led menyala dan logika 1 adalah led mati

Ini adalah tampilan halaman depan edsim 51 untuk program ini


Ini adalah tampilan seven segment yang dihasilkan setelah program di running


Ini adalah tampilan led saat di running


BAGIAN1:  SETB P3.3

SETB P3.4 ; Mengijinkan tampilan layar 3

MOV P1, #11111001B ; menampilkan angka 1 pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 2


MOV P1, #10100100B ; menampilkan angka 2 pada layar(addressing mode: immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.4

SETB P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 1

MOV P1, #10110000B ; menampilkan angka 3 pada layar(addressing mode: immediate)

MOV P1, #0FFh ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.3  ; Mengijinkan tampilan layar 0

MOV P1, #10011001B ; menampilkan angka 4 pada layar(addressing mode: immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

JMP BAGIAN2 ; melompat ke BAGIAN2

BAGIAN2: ;  

SETB P3.3

SETB P3.4 ; Mengijinkan tampilan layar 3

MOV P1, #10010010B ; menampilkan angka 5 pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 2

MOV P1, #10000010B ; menampilkan angka 6 pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.4

SETB P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 1

MOV P1, #11111000B ; menampilkan angka 7 pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFh ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 0

MOV P1, #10000000B ; menampilkan angka 8 pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFH ; clear display

JMP BAGIAN3 ; melompat ke BAGIAN3

BAGIAN3:  SETB P3.3

SETB P3.4 ; Mengijinkan tampilan layar 3

MOV P1, #10010000B  ; menampilkan angka 9 pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 2

MOV P1, #10001000B ; menampilkan huruf A pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.4

SETB P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 1

MOV P1, #10000011B ; menampilkan huruf b pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFh ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 0

MOV P1, #11000110B ; menampilkan huruf c pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

JMP BAGIAN4 ; melompat ke BAGIAN4

 

BAGIAN4:   

SETB P3.3

SETB P3.4 ; Mengijinkan tampilan layar 3

MOV P1, #10100001b  ; menampilkan huruf d pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 2

MOV P1, #10000110b  ; menampilkan huruf E pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.4

SETB P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 1

MOV P1, #10001110b ; menampilkan huruf F pada layar(addressing mode : immediate)

MOV P1, #0FFh ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

CLR P3.3 ; Mengijinkan tampilan layar 0

MOV P1, #0FFH ; menghapus layar(addressing mode: immediate)

 JMP BAGIAN1 ; melompat kembali ke BAGIAN1

sumber:

No comments:

Post a Comment