Monday 4 November 2013

Fungsi STP (Swage Treatment Plant)


STP (Swage Treatment Plant) merupakan bangunan instalasi sistem pengolahan limbah cair domestik. Yaitu limbah rumah tangga termasuk dari dapur, air bekas, limbah toilet, dan air kotor. Dan limbah yang mengandung logam berat akan mendapat pengolahan khusus.Atau bahasa kerennya STP=alat pengolah taeq
Tujuan dari STP adalah agar limbah tidak mengandung zat pencemar lingkungan , sehingga layak untuk dibuang sesuai dengan peraturan pemerintah yag berlaku.
Bagian-bagian  dari STP
 Motor dan mesin blower
Bilamana blower tidak berfungsi maka proses suplay oksigen ke bak aerasi, pembersihan permukaan air sedimentasi (scum skimmer) dan sludge return (air lift) akan terhenti. Bakteri akan mati dan zat organik pada limbah tidak terolah menyebabkan timbulnya bau. 

 Kontrol panel
Kontrol panel berfungsi sebagai pengendali atau pengatur peralatan yang mutlak dituntut untuk selalu siap (tidak bermasalah). Bilamana panel bermasalah otomatis fungsi peralatan menjadi terganggu. Panel kontrol berisi perangkat elektronik yang sangat peka terhadap suhu. Upayakan suhu dalam panel tidak terlalu panas. 

 Pompa-pompa
Pompa sebagai alat pemindah air peranannya sangat penting. Jika terjadi masalah pada pompa tentu akan terjadi banjir pada bak equalizing dam effluent. Maka air yang menuju ke bak aerasi dan saluran kota menjadi tdak berfungsi. Demikianlah
sehingga akan mengakibatkan banjir pada area STP. 

 Peralatan Sedimentasi
Masalah yang sering terjadi di bak sedimentasi ialah air lift mampat sehingga lumpur akan menumpuk pada dasar bak sedimentasi dan bila terlalu lama maka akan terjadi fermentasi kemudian mengapung. Pada kondisi seperti ini scum skimmer tidak mampu mengatasi lumpur mengapung sehingga permukaan bak sedimentasi akan penuh dengan lumpur yang lama kelamaan akan mengeras. 

 Water Level Control (WLC) dan elektroda
Pada sistem pelampung (float switch, pompa flow kontrol) akan tidak berfungsi ON (kontak) pada control listriknya ketika posisinya terbalik (karena terapung). Pengangkatan pelampung untuk memastikan bisa berfungsinya alat tersebut.
Pengoperasian Swage Treatment Plant
Semua peralatan yang digerakkan oleh tenaga listrik, di kontrol oleh panel dimana didalam panel inilah tempat segala sistem berlangsung. Adapun yang dikendali kan adalah Pompa-pompa. Sebenarnya semua peralatan listrik yang ada pada Swage Treatment Plant bekerja secara otomatis. Pengoperasian secara manual dilaksanakan jika ingin melakukan perawatan dan perbaikkan saja.
1. Cara pengoperasian Manual.
Putar selektor switch kearah kiri menuju huruf (M), kemudian buka lah panel dan turunkan CB (Ciurcuit Breaker) Motor mana yang ingin diadakan perbaikkan.
2. Cara pengoperasian Otomatis.
Putar selektor switch kearah kiri menuju huruf (A), kemudian tekan tombol ON, maka semua sistem, yang ada pada Swage Treatment Plant akan bekerja secara otomatis.
Tahap Pengolahan
Proses kerja Swage Treatment Plant
Dasar perhitungan Desain :
Kapasitas STP : 125 meter kubik/hari

Mutu Air Masuk :
- BOD : 300 ppm (part per million)
- Suspended solid : 300 ppm

Mutu Air Keluar :
- BOD (biology oxigen demand) : < 75 ppm
- Suspended solid (padatan) : < 100 ppm
Adapun tahap-tahap pengolahanya adalah sbagai berikut:
  1. Pre  treatment. Pada tahap ini dilakukan pemisahan padatan berukuran besar ataupun grease,  agar tidak terbawa pada unit pengolahan selanjutnya, agar tercipta performa pengolahan yang optimal. Air dialirkan lewat inlet chamber di mana ada screen yang dapat menyaring benda padat. Selanjutnya air masuk ke grease trap yang berguna untuk memisahkan lemak yang dapat mengganggu proses biologi. Kemudian air akan menuju ke primary clarifier.
  2. Primary clarifier. Pada proses ini terjadi pemisahan partikel yang mengendap secara grafitasi (suspended solid) sehingga mengurangi beban pengolahan pada unit selanjutnya. Pada proses ini berguna untuk membuat aliran jadi lebih tenang dan aliran dapat stabil.
  3. Rotating Biological Contactor (RBC). Proses  pengolahan  yang di lakukan adalah  untuk menurunkan BOD (bio-chemical oxygen demand) dan COD (chemical oxygen demand) yang ada pada air limbah, sehingga dapat memenuhi kualitas air yang layak untuk kita buang ke saluran kota, Pengolahan polutan dilakukan oleh mikroorganisma yang melekat pada permukaan disk yang berputar.  Perputaran ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan oksigen untuk kehidupan mikroorganisma dan mencegah terjadinya kondisi anaerob yang dapat menimbulkan bau. Pada saat disk berputar terjadi kontak biomass yang dengan oksigen pada saat disk menyembul di permukaan dan terjadi kontak pada material organik yang ada pada air limbah untuk menjadi makanan  pada saat disk terendam. Jadi bila disk terlihat kotor jangan dibersihkan karena sebenarnya itu adalah bakteri.
  4. Final Clarifier. Unit ini berfungsi sebagai clarifier akhir untuk mengendapkan partikel-partikel  yang masih belum terendapkan, serta   biomass yang telah mati.
  5. Disinfeksi. Pada proses ini dilakukan penginjeksian chlorine yang bertujuan membunuh bakteri-bakteri patogen yang ada.
  6. Effluent Tank. Air yang telah kita olah akan dialirkan menuju effluent tank untuk selanjutnya dibuang pada saluran kota. Sebagian air ini dapat kita proses lagi untuk keperluan recycling yang dapat kita gunakan untuk menyiram taman dan air cuci kendaraan.
  7. Sand  Filter. Air dari effluent tank kita alirkan ke sand filter menggunakan pompa, pada proses ini air akan di saring oleh pasir silika yang berfungsi menyaring padatan yang masih terbawa pada sistem, dan juga untuk menurunkan kekeruhan yang ada.  Pada proses ini yang harus di perhatikan adalah perbedaan tekanan aliran masuk dan keluar. Bila tekanan lebih dari  tekanan yang ditentukan, maka perlu kita lakukan proses back washing. Yang berfungsi untuk mencuci kembali sand filter yang ada.  Sekian. Jangan lupa komen nah!!!

8 comments:

  1. Jika membutuhkan bakteri pengurai limbah cair STP kami selaku Distributor Bakteri Pengurai Limbah Ecoplus siap mensupply Pak,terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Jika membutuhkan bakteri pengurai limbah cair STP kami selaku Distributor Bakteri Pengurai Limbah Ecoplus siap mensupply Pak,terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya gan, mantabbbbssss.........
    Ditunggu postingan2 berikutnya.

    Water Chemical Solution
    Water Treatment Plant

    ReplyDelete
  4. salam SUKSES
    kami dari SUISO MARINE FIBREGLASS siap terima pembuatan STP dilokasi pemesan
    sehingga mudah dalam tranportasinya
    unt ukuran besar tidak ada kesulitan di pengiriman

    langsung buat di lokasi
    081311397397

    www.fibermurah.com

    ReplyDelete
  5. Manatap gan kunjungi juga web site kami di Pelayanansedotlimbah.com

    ReplyDelete
  6. Manatap gan kunjungi juga web site kami di Pelayanansedotlimbah.com

    ReplyDelete
  7. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk Boiler,cooling tower ,chiller, evapko, dan waste water treatment,STP,oli industri dll,harga nego, untuk info lebih lanjut tentang produk ini, bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:081310849918

    ReplyDelete